Sabtu, 23 Juni 2012

STEPHEN JOHNSON SYNDROME



STEPHEN JOHNSON SYNDROME

Stephen Johnson Syndrome (SJS) adalah sebuah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh si penderita, atau dengan kata lain penderita telah kehilangan kekebalan tubuhnya. Penyakit ini hampir sama dengan penyakit AIDS.
Meskipun reaksi SJS yang akut bisa sembuh kurang dari satu bulan, tapi efeknya dapat mengakibatkan kerusakan permanent . Sekitar 15 -20 % penderita SJS yang mengalami kerusakan mata. Di samping itu, penderita SJS juga dianjurkan untuk menggunakan krim pelindung matahari (sunscreen), karena mereka sangat rentan terkena kanker kulit.


Sebab-sebab Timbulnya SJS:

Banyak hal yang  bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit ini, diantaranya :
1.   Salah Pengobatan
         Ketika kita sakit, kita pergi ke dokter. Diagnosa dokter kadang hanya bersifat subyektif dan berdasarkan literature saja,tidak melakukan dialog langsung dengan pasien mengenai sejarah kesehatan si pasien hingga penyakit tersebut timbul.
Parahnya lagi, kita tidak terlalu mempedulikan jenis obat apa yang dokter berikan dan  kita terlalu yakin bahwa apapun obatnya, asal itu “dengan resep dokter” maka penyakit yang kita derita akan sembuh.   
Hal ini sangatlah berbahaya bagi kehidupan kita karena bisa menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebab dokter juga lebih bersifat coba-coba dalam memberikan dosis obatnya kepada pasiennya.

Hal-hal yang bisa saja terjadi jika kita mengkonsumsi obat-obatan :
  1. Alergi/keracunan obat
Keracunan obat bisa saja terjadi saat tubuh kita tidak mampu menerima dosis/jenis obat yang diberikan.

  1. Kehilangan kekebalan tubuh
Kehilangan kekebalan tubuh bisa terjadi akibat pemakaian obat yang terus menerus dalam jangka waktu lama. Obat akan mematikan bakteri-bakteri baik yang sebenarnya berguna bagi tubuh.

2.   Salah Diagnosa
Jika ada seorang penderita yang mengalami demam atau bintik merah pada kulit. Seringkali dokter menganggap bahwa mereka terkena penyakit ringan biasa. Bahkan, tidak sedikit dokter yang mendiagnosa pasien hanya terkena  demam (radang), flu, atau cacar biasa saja. Banyak penderita dan dokter yang tidak menyadari bahwa ini ada kemungkinan adalah gejala SJS. Sehingga obat yang diberikan bisa saja salah dan meracuni pasien.

Obat-obatan yang bisa memicu timbulnya SJS antara lain sebagai  berikut :
fluconazole (obat-obat flu), ibuprofen (penurun panas/demam), penicillins antibiotic), barbiturates (anti kejang), sulfonamides (anti peradangan, termasuk di dalamnya antibiotic, seperti amoxillin,tetracyllin), cocaine, analgesic (pereda nyeri), antipyretic (pereda demam), salicylates, diclofenac,
azithromycin, oxcarbazepine, zonisamide, modafinil, nevirapine, pyrimethamine, ethosuximide, carbamazepine, nystatin, phenytoin, valproic acid, lamotrigine, allopurinol, etravirine, Isotretinoin, aka Accutane, sitagliptin, oseltamivir, valdecoxib,


3.   virus atau bakteri
SJS bisa juga disebabkan karena penderita terinfeksi bakteri atau virus seperti antara lain herpes simplex, influenza, Epstein-Barr, histoplasmosis, mycoplasma pneumonia dan sejenisnya


Gejala-gejala Yang Sering Terjadi:

1. Luka pada kulit terutama pada bagian tungkai dan lengan bawah, mulut
    (disebabkan berkurangnya selaput lender di mulut), usus, kornea,alat  
    kelamin dan saluran kencing.
2. Demam tinggi.
3. Mata akan membengkak (karena terlalu banyak obat-obatan),
4. Sariawan pada mulut dan bibir.
5. Nyeri sendi dan otot
6. Sakit kepala
7. Batuk berdahak
8. Muntah
9. Diare
10. Telapak tangan dan kaki melepuh
11. Infeksi saluran pernafasan


Pencegahan dan Pengobatan SJS

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan dengan menghentikan  
    penggunaan obat-obatan yang menyebabkan syndrome tersebut.

2. Lakukan detoks, yaitu membuang racun dan zat karsinogen dari dalam tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jus Fiber Jus Ajaib FIFORLIF dan Tracemineral CMD.
    Untuk dewasa, dilakukan 2 sachet/hari dikonsumsi pagi dan sore selama                 minimal 2 minggu. Atau hasilnya akan lebih baik jika hal ini dilakukan selama 1       bulan.

3. Menurut beberapa ahli, SJS dapat diatasi dengan pemberian steroid,   
    untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai pengganti steroid secara   
    alami bisa dipakai E-Charge Multi+Tracemineral CMD. Hal   
    ini juga berfungsi ganda untuk mencegah dehidrasi pada pasien sebagai
      pengganti cairan infuse.
      E-Charge Multi (ECM) juga berguna untuk mengembalikan system     
      kekebalan tubuh yang rusak akibat SJS, karena pemberian suplemen dalam   
      bentuk vitamin A, B, C, B kompleks, zinc sangat diperlukan. Vitamin A   
      sangat penting untuk kesehatan mata dan selaput lendir.  

4.   Kulit penderita SJS biasanya mengalami luka dan meradang, bahkan melepuh. Biasanya kulit akan berangsur-angsur normal dengan cara terapi di atas. akan tetapi untuk mempercepat proses pemulihan, setelah dilakukan detoks (3 langkah di atas) terapi bisa dilakukan dengan Trace Mineral Tablet(Renewal Caps) RNC.



 
 Himbauan

     Seiring dengan perkembangan industri, dewasa ini banyak timbul berbagai penyakit baru yang sebelumnya tidak ada. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan. Terutama untuk jangka panjang. Konsultasikan jika terjadi alergi sekecil apapun yang timbul saat anda mengkonsumsi obat-obatan. Karena hal ini yang akan menjadi masalah bagi masa depan anda.
      Demi masa depan anda, TINGGALKAN OBAT…lakukanlah tindakan pencegahan secara alami dengan TRACEMINERAL CMD + Jus Ajaib FIFORLIF…yang membuat anda bisa HIDUP SEHAT TANPA OBAT.

Cegah SJS sebelum terlambat !!!!!
Bagaimanapun juga MENCEGAH JAUH LEBIH MURAH DARIPADA MENGOBATI.
Percayalah……..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar